dotaindo-newbie

Strength Agility Intelligence

Wednesday 7 February 2018

Guide Newbie Earth Spirit (Indonesia)

EARTH SPIRIT


http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-earth-spirit-indonesia.html

Earth Spirit adalah hero support-ganker, Dia adalah hero dengan skill yang sangat complex.
Mobilitasnya merupakan yang tertinggi diantara hero support lainnya.
Mobilitasnya yang tinggi, bisa membuat dia meluncur mendekati hero lawan dan memberikan effect slow. dia juga bisa memberikan stun dan Silence, Tidak heran Earth Spirit bisa menggantikan tugas offlaner untuk melakukan inisiasi.

Dia memiliki skill dasar bernama 'Stone Remnant' , skill ini akan mengeluarkan batu yang nantinya akan digunakan oleh skill-skill milik Earth Spirit.
Rolling Boulder adalah skill moblity milikmu, kamu akan menggelinding ke depan dan akan memberi damage & slow, jika berhasil menabrak lawan.
Rolling Boulder akan semakin cepat dan semakin panjang jika menabrak stone remnant terlebih dahulu.

Boulder Smash akan membuatmu menendang batu secara lurus, dan memberikan damage & stun jika terkena musuh, kamu juga bisa menendang teman/lawanmu, tapi jaraknya tidak akan panjang.
Geomagnetic Grip adalah skill yang digunakan untuk menarik batu yang ada di depanmu, skill ini akan memerikan damage & silence, jika batunya mengenai musuhmu.

Dan Skill Ultimatenya Magnetize akan memberikan DPS secara area, ke hero2 yang ada didekatmu, DPSnya berlangsung untuk 6s, durasi-nya bisa direset jika musuhmu mendekati Stone Remnant.

STR :21+3,5
AGI  :17+1,5
INT  :18+2,1

HP  : 672 (+1,6HP/s)
MP : 291 (+1,2MP/s)
Damage : 46-56
Armor    :2,7
MS        :285
Attack Range : 150

Lane : Roam
Roles :
  • Support  : 🌟🌟
  • Nuker     : 🌟🌟
  • Disabler : 🌟
  • Durable  : 🌟
  • Escape  : 🌟🌟
  • Initiator  : 🌟


Kelebihan
- Hero yang sangat Complex (Stun, Silence, Slow, High Mobility, Nuke)
- Semua skillnya memberikan damage.
- Ganker yang sangat berbahaya
- Pertumbuhan STR tinggi. (Di late-game, kamu akan punya HP yang tebal untuk seorang support)
- Cooldown skillnya pendek2
- Tidak membutuhkan banyak item, untuk berguna di pertempuran.
- Cast Animation hampir 0s

Kekurangan
- Cukup sulit digunakan, butuh positioning yang pas.
- Kurang berguna jika diam di satu lane (Makanya dia menjadi roamer)
- Skillmu terbatas kepada Stone Remnant, Stone remnant memiliki CD yang lama, meskipun memiliki charge yang banyak.



Skill

 Boulder Smash

Earth Spirit akan menendang stone remnant yang ada didekatnya, musuh yang terkena skill ini akan mendapatkan damage dan Stun.
Kamu juga bisa menendang teman atau musuhmu, musuh yang terkena tendanganmu hanya akan mendapatkan damage, dan tidak akan memberi stun.

Unit Cast Range : 150
Stone Cast Range : 200
Radius : 180
Damage : 50/100/150/200
Stone Stun Duration : 0,5/1/1,5/2
Knockback speed : 900
Unit knockback distance : 480/600/680/800
Stone Knockback Distance : 2000

Cooldown : 22/18/14/10
Mana : 100

Note :
  • Tendangan mu ke unit, tidak akan sejauh kamu menendang batu.
  • menendang unit, tidak akan memberikan stun. tapi akan memberikan damage kepada yang ditendang dan yang terkena tendangan.
Tips : Berbeda dengan menendang unit , ada Tips agar kamu mudah mengarahkan tendangan batumu, Summon 'Earth Remnant' didekatmu => Arahkan skill Boulder Smash ke lawanmu (Tidak perlu nge klik boulder smash ke batu,arahin aja seperti kalian mengarahkan fissure.) => maka tendanganmu akan otomatis mengarah ke lawan ^^



 Rolling Boulder

Earth Spirit akan menggelinding menjadi batu, ketika menabrak hero lawan gelindingannya akan langsung berhenti, dan memberikan damage.
jika dia menggelinding melalui Stone Remnant, putarannya akan semakin cepat, dan semakin jauh, juga memberikan effect slow kepada lawan.

Cast Range : 3000
Effect & Collision radius : 150
Effect Delay : 0,6
Default Roll Distance : 800
Stone Roll Distance : 1600
Damage : 100
Stone MS slow : 80%
Slow Duration : 0,8/1,2/1,6/2

Cooldown : 16/12/8/4
Mana : 50

Note :
  • Jika menabrak musuh, Earth Spirit akan langsung muncul dibelakang lawan (Karena muncul dibelakang lawan, kamu bisa langsung menggunakan "Boulder Smash" dan menendang musuh ke teman-temanmu yang ada dibelakang)
  • Selalu taruh Stone Remnant didepanmu terlebih dahulu, agar gelindingmu makin cepat, makin jauh, dan memberikan effect slow. 
  • Ketika melakukan Rolling Boulder, Earth Spirit akan dalam keadaan terkena root. (masih bisa menggunakan item dan skill (kec. item seperti blink dagger dan force staff))
  • Earth Spirit masih bisa terkena stun, ketika melakukan Rolling Boulder.
  • Skill ini sangat efektif untuk melakukan gank, level skill 1 saja, sudah menghasilkan 100 damage, + slow (jika pake batu), karena posisimu langsung dibelakang lawan, kamu juga bisa memblock jalan dari lawanmu, sehingga dia akan kesulitan untuk kabur.
  • Rolling Boulder akan delay 0,6s terlebih dahulu sebelum meluncur.




 Geomagnetic Grip

Earth Spirit akan menarik batu yang ada dihadapannya, ketika batu itu melewati musuh, akan memberikan damage dan silence.
Geomagnetic Grip bisa juga digunakan untuk menarik creep-mu, jika mengenai musuh, hanya akan memberikan silence, dan tidak memberi damage.

Cast Range : 1100
Effect Radius : 180
Stone Damage : 50/100/150/200
Stone pull Speed : 1000
Unit pull Speed : 600
Silence Duration : 2/2,5/3/3,5

Cooldown : 13
Mana : 100

Note :
  • Skill ini hanya bisa digunakan saat ada batu / creep mu.
  • Batu yang sudah kamu tendang menggunakan boulder smash, bisa ditarik kembali menggunakan geomagnetic grip, jadi bisa memberikan stun dan silence.
  • Atau kamu bisa menggunakan geomagnetic grip terlebih dahulu , jadi pasang geomagnetic grip di belakang musuh,lalu tendang batu itu menggunakan boulder smash.



 Stone Remnant

Skill dasar milik Earth Spirit, Earth Spirit akan mengeluarkan stone remnant, yang nantinya akan digunakan oleh skill earth spirit yang lainnya, skill ini memiliki charge sebanyak 6x.


Cast Range : 1100
Max Charges : 6
Remnant Duration : 120
Charge replenish time : 30

Note :
  • Gunakan se-efektif mungkin, kalian akan kesulitan jika charge stone remnant habis, perlu 3menit, untuk mengisi chargenya sampai kembali full.



*Combo ganking Earth Spirit : Tabrak musuh dari jauh menggunakan rolling boulder + Stone Remnant => keluarkan batu didekatmu dan tendang menggunakan boulder smash => tarik kembali batu itu menggunakan geomagnetic grip, pukul2 musuh itu bersama teman gankingmu. (Langsung Gunakan magnetize saat kalian menempel dengan musuh).

       *Jika kalian terlambat menarik batu menggunakan geomagnetic grip, kalian bisa mengeluark stone remnant lagi, dibelakang musuh, dan menariknya (Lebih Prioritaskan menang teamfight ketimbang mengirit2 stone remnant) atau kalian bisa menggunakan geomagnetic grip terlebih dahulu, lalu tendang batunya menggunakan boulder smash.


       *Usahakan gunakan batu seminimal mungkin, kalian akan sangat kerepotan jika kehabisan charge stone remnant


 Magnetize

Skill Magnetize, akan membuat musuh2 disekitar earth spirit, mendapatkan damage per-second untuk durasi tertentu, jika kamu mengeluarkan batu didekat musuh yang terkena magnetize, maka batu itu juga akan mengeluarkan effect magnetize kembali, memberikan DPS kepada musuh disekitar batu dan me-reset durasi DPS Magnetize(proses reset durasi ini , bisa di ulang-ulang , dan menghasilkan durasi DPS yang sangat lama).
Jika salah satu musuh yang dalam effect magnetize terkena "silence" atau "slow" dari geomagnetic grip & Rolling Boulder , maka hero lainnya yang dalam effect magnetize, juga ikut terkena effect silence dan slownya.

Radius : 300
Stone search radius : 400
Stone refresh radius : 600
Damage per-second : 50/75/100
Duration : 6

Cooldown : 100/90/80
Mana : 100

Note :
  • Selalu gunakan magnetize di awal2,karena kalian selalu bisa me-reset durasi magnetize-nya menggunakan Stone Remnant. (baik saat menggunakan skill ataupun hanya didiamkan)
  • Stone Remnant yang sudah menjalarkan effect magnetize, akan hancur dalam waktu 8s.
  • Karena Durasinya bisa di-reset , Magnetize bisa menghasilkan total damage yang sangat besar.
  • Hero2 musuh yang terkena effect magnetize, akan saling berbagi effect silence dan slow dari skillmu. (hanya effectnya saja, damagenya tidak dibagikan)




Effect Aghanim's Scepter
-Memberimu Skill 'Enchant Remnant'





 Enchant Remnant

Earth Spirit, merubah hero menjadi Stone Remnant untuk 3s. Setelah durasi selesai, akan memberikan damage kepada musuh yang ada disekitar enchant remnant. 

Cast Range : 125
Damage Radius : 300
Damage : 300
Duration : 3

Cooldown : 45
Mana : 150

Note :
  • Skill ini memiliki range yang sangat pendek (125 Cast Range bahkan lebih pendek dari pukulan biasamu.)
  • Skill ini tidak bisa digunakan ke musuh yang sedang spell immune, tetapi temanmu yang dalam spell immune bisa dirubah menjadi remnant.
  • Kalian bisa membuat penyelamatan yang cantik dengan skill ini, Ketika musuhmu hampir mati, blink ke depan dia => Buat temanmu menjadi batu menggunakan enchant remnant => Tendang ke arah yang aman menggunakan boulder smash => dan kamu lsg kabur menggunakan Rolling Boulder.
  • Kalian juga bisa melakukan ganking dengan skill ini, => buat musuhmu menjadi batu, dan tendang ke arah teman-teman-mu (Kalian bisa menggunakan rolling boulder untuk mendekati musuh, karena rolling boulder akan otomatis berhenti jika menabrak lawan)




+1s Boulder Smash stun duration
25
+Geomagnetic Grip Target Allies
+150 GPM
20
+15% Spell AMP
+200 Rolling Boulder Damage
15
+7 armor
+40 Damage
10
+10 Intelligence




Build Skill 

Lv 1-Rolling Boulder
Lv 2-Boulder Smash
Lv 3-Boulder Smash
Lv 4-Geomagnetic Grip
Lv 5-Boulder Smash
Lv 6-Magnetize
Lv 7-Boulder Smash
Lv 8-Geomagnetic Grip
Lv 9-Geomagnetic Grip
Lv 10-Talent : +10 Intelligence
Lv 11-Geomagnetic Grip
Lv 12-Magnetize
Lv 13-Rolling Boulder
Lv 14-Rolling Boulder
Lv 15-Talent : +200 Rolling Boulder Damage
Lv 16-Rolling Boulder
------------------------------
Lv 18-Magnetize
------------------------------
Lv 20-Talent : 15% Spell amplification
------------------------------
Lv 25-Talent : +1s Boulder Smash Stun Duration.



Note :
-Rolling Boulder ambil di level 1, agar kamu bisa langsung melakukan ganking, ke lane lain.
-Utamakan Boulder Smash dan Geomagnetic Grip, ke 2 skill ini memberikan damage yang lumayan besar, dan stun dan silence yang cukup lama , kalau musuhmu tidak bergantung pada skill ,Kamu bisa mengutamakan Boulder Smash dan Rolling Boulder.


-Talent Lv 10 : Situasional, saya lebih menyarankan +10 Intelligence, agar mana poolmu bertambah, jadi bisa lebih sering menggunakan skill.

-Talent Lv 15 : +200 Rolling Boulder Damage, akan sangat bagus, apalagi Rolling Boulder hanya memiliki CD 4s di level 4.
-+7 Armor tidak terlalu berguna, kamu tidak dirancang untuk menahan serangan lawan, sebaiknya langsung kabur jika ada musuh yang mengincarmu.

-Talent Lv 20 : Cukup Situasional, jika kamu masih memerlukan item2 situasional untuk menghadapi musuh, ambil talent +150 GPM.
-Tapi jika barangmu sudah mencukupi, ambil saja talent +15% Spell AMP,karena kamu memiliki damage skill yang sangat besar.

-Talent Lv 25 :Situasional, Pada umum-nya +1s Boulder Smash stun sangat bermanfaat, untuk teamfight, karena membuat musuh terdisable lebih lama.
-Tapi talent geomagnetic grip target allies bisa menolong temanmu, yang dalam kondisi sedang dikunci oleh lawan.
  *Seperti jika saat melawan disruptor, jika ada carry-mu yang terjebak dalam static storm + Kinetic Field, kamu bisa menolong dia dengan geomagnetic grip (Skill ini Tidak bisa mengeluarkan teman dari Chronosphere)







Item Build 

Starting Item

Tango
-Kamu adalah ganker bertype melee, biasanya kamu akan terkena serangan lawan, saat mencoba ganking.
-Beli Tango untuk memulihkan HP-mu

Orb Of Venom
-Item yang sangat berguna untuk-mu di early game, tambahan slow dari Orb of Venom, akan memudahkanmu membunuh lawan saat ganking, slownya akan semakin parah, jika kamu berhasil menabrak lawan menggunakan rolling boulder.

Clarity
-Gunakan Clarity, untuk mengisi MPmu diawal permainan, kamu Earth Spirit lebih sering roaming(mengelilingi map), jadi dia punya banyak waktu untuk mengisi mananya menggunakan clarity


Iron Branch
-Item yang murah untukmu memberikan tambahan +1 point untuk semua status (Bisa diUpgrade ke Magic Wand)


Observer Ward
-Kamu bisa memasang obs ward di daerah lawan, agar memudahkanmu saat ingin ganking.

Memberikan Vision kepada temanmu, pasanglah disekitar lane/jungle untuk menyulitkan lawan saat melakukan gank.  
(Ward bersifat invis, jadi bisa dihancurkan tower/gem/sentry/skill true sight milik Zeus)







Early Game

Boots of Speed
Memberikan MS, agar bisa mengejar musuh/kabur dari musuh, juga memudahkan mu untuk memblocking jalan lawan.


Magic Wand
Item yang berguna dan murah, karena memberi tambahan all attributes.
(Jika chargenya sudah max (20) akan dengan instant menambah 300 HP dan Mana).


Urn of Shadow
-Item ini bisa memberi heal kepada teman-mu, atau memberi damage tambahan kepada musuh saat melakukan ganking.
-Tambahan statusnya juga cukup berguna untukmu
(Earth Spirit adalah hero yang sering melakukan roaming, jadi charge urn of Shadow akan sering terisi). (Upgrade ke Spirit Vessel)







Core Item

Tranquil Boots
-Memberimu HP regen, dan MS yang cukup tinggi, sehingga kamu bisa melakukan roam lebih cepat.


Blink Dagger
-Meskipun kamu memiliki Rolling Boulder yang sangat bagus untuk melakukan ganking, tetapi memulai inisiasi dengan Rolling Boulder di late game tidaklah bagus, karena musuh2mu bisa langsung meng-activekan BKBnya, sebelum kamu memberikan stun.
-Gunakan Blink Dagger untuk memulai inisiasi, selain itu item ini juga menambah mobilitasmu, sehingga kamu akan sulit dibunuh oleh lawan.

Aghanim's Scepter
-Skill Enchant Remnant, membuat Earth Spirit-mu jauh lebih berguna daripada biasanya, apalagi jika kamu pandai menggunakan item ini, kamu bisa menyelamatkan 1 temanmu dari kematian.








Situational Item

Ghost Scepter
-Item yang sangat bagus untuk menyelamatkanmu dari physical damage.Apalagi Earth Spirit adalah Support - Inititator, kamu harus bisa selamat, setelah selesai melakukan iniiasi.


Euls Scepter of Divinity
-Memberi MS tambahan untuk Earth Spirit, sekaligus mana pool dan mana regen.
-Kamu juga bisa mengactivekan eul ke musuh, membuat dia terbang dan diam untuk beberapa saat, dan mensetting skill mu.
-Atau kamu bisa gunakan kepada dirimu sendiri untuk kabur dari musuh, dan langsung melakukan blink. 

Glimmer Cape
-Item yang cukup berguna karena bisa membuatmu atau rekanmu menghilang untuk beberapa saat (Bisa digunakan untuk kabur atau melakukan inisiasi)


Force Staff
 -Memberi Earth Spirit tambahan mobilitas, untuk kabur dari musuh.
-Item ini juga akan memberikan INT dan HP regen.
-Dengan Force Staff kamu juga bisa menyelamatkan temanmu yang sedang di kejar musuh.

Veil of Discord
-Skill Earth Spirit memiliki damage nuke yang cukup sakit, dengan minus magic resistance dari item ini, Earth Spirit-mu bisa menghasilkan damage yang besar.
-Item ini akan sangat berguna jika temanmu juga memiliki magic damage.
-Tambahan Statusnya cukup besar.

Gem of Truesight
-Jika kamu sudah mendapatkan item-itemmu, Earth Spirit menjadi Support yang sulit dibunuh, kamu akan cukup aman untuk membawa Gem.
-Kamu juga bisa mengelilingi map dengan mudah, telusuri map lawan dan hancurkan observer ward mereka. 








BAD AGAINST

Tanker
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/04/guide-newbie-sven-indonesia.html http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-lifestealer-indonesia.html http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/05/guide-newbie-tidehunter-indonesia.html
-Tanker memang musuh paling menyebalkan untuk para ganker, sangat sulit untuk membunuh mereka.
-Lifestealer memiliki rage, yang akan membuat dia kebal dari skillmu.
-Kraken Shell milik Tide juga bisa membebaskan dirinya dari bad effect-mu.

Spell Immune
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-lifestealer-indonesia.html http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/03/guide-newbie-omniknight-indonesia.html
-Mereka bisa menggunakan Skill Spell Immune-nya untuk kabur dari skill-skill mu, karena skill-mu tidak ada yang bisa menembus spell immune.

High Magic Resistance
-Mereka memiliki pertahanan untuk menghadapi 'Magic Damage'mu, Huskar dan Pudge juga memiliki HP yang tinggi.
-Rubick tetaplah hero yang mudah untuk kamu gank, tapi dia punya magic resist area yang akan melindungi teman2nya ketika teamfight. 









GOOD AGAINST
Squishy Midlaner hero
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-sniper-indonesia.html
-Mereka adalah hero yang cukup mudah untuk kamu gank,HP mereka sangat tipis di early game.
-Zeus,Invoker,Sniper memiliki MS yang rendah, mereka akan kesulitan menghindari rolling boulder-mu.
-Selalu bawa dust, persiapan jika invoker melakukan ghost walk

Hero-Hero yang bergantung kepada skill
-Geomagnetic Grip memberikan silence yang cukup lama, membuat mereka tidak bisa menggunakan skill-nya,
-Morphling bisa dibunuh dengan mudah, jika kamu menyerang dia menggunakan geomagnetic grip , sebelum dia menaikkan STR-nya 
*Hero-hero yang mengandalkan skillnya untuk kabur (Blinker/invis) juga bisa dicounter dengan geomagnetic grip.


Crystal Maiden
-Kamu bisa menghentikan freezing fieldnya dengan mudah.
-Mobility CM termasuk yang terparah, sehingga mudah untuk kamu bunuh.

Monkey King
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/03/guide-newbie-monkey-king-indonesia.html
-Skillmu bisa digunakan untuk menghancurkan pohon, sehingga dia tidak bisa sembunyi diatas pohon.
-Boulder smash bisa mengeluarkan MK dari Wukong's Command-nya.








GOOD TEAMWORK


Strong Midlaner
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/05/guide-newbie-viper-indonesia.html
-Hero-Hero seperti mereka akan menjadi sangat berbahaya, jika dibantu oleh ganker sehebat Earth Spirit.
-Shadow Fiend, akan dengan mudah mengarahkan Shadow Raze-nya karena musuh terkena slow dan stun dari-mu.
-Mini-stun dari Coldsnap milik Invoker juga akan sering terpicu,karena kamu membawa orb of venom.

Strong Carry Safelane
https://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/03/guide-newbie-ursa-indonesia.html http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/03/guide-newbie-monkey-king-indonesia.html
-Mereka memiliki Damage yang sangat besar, tetapi kesulitan untuk mengejar lawan.
-Slow dari-mu akan membuat mereka bisa menghasilkan damage yang besar kepada lawanmu.
-Kamu akan memberikan slow dan stun kepada lawan, sehingga monkey king bisa memukul-mukul lawannya dan mendapatkan jingu mastery, dengan tambahan boundless strike-nya, kemungkinan besar musuhmu akan mati.

Darkseer
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/03/guide-newbie-dark-seer-indonesia.html
-Vacuum akan menyatukan musuh-musuhmu, sehingga kamu bisa mengarahkan skill mu, kebanyak hero

Bloodseeker
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-bloodseeker-indonesia.html
-Rupture + Boulder Smash, akan memberikan damage yang sangat besar.
-Stun dan Slowmu juga membuat musuhmu terdiam untuk beberapa saat, sehingga bloodseeker bisa menyerangnya dengan blood rite.

 *Kalau kamu punya enchant remnant, Enchant remnant lawanmu yang terkena rupture, ketika durasi Enchant remnant-nya sudah mau habis, tendang dia, sehingga dia akan meluncur sangat jauh dengan efek Rupture.


Lifestealer
http://dotaindo-newbie.blogspot.co.id/2018/02/guide-newbie-lifestealer-indonesia.html
-Sahabat sejati para ganker, Lifestealer bisa melakukan Combo N'aix Bomb denganmu, dia adalah type hero yang mudah melakukan combo, asalkan partnernya bisa mendekati musuh secara tiba-tiba.
-Kamu memiliki rolling boulder untuk mendekati lawan, tambahan stunmu juga akan membuat Lifestealer bisa memukul musuhnya dengan bebas.


No comments:

Post a Comment